SOFYAN HADI

Sofyan Hadi_photo

Sofyan Hadi adalah legenda Persija. Bukan hanya sekadar mantan pemain, Sofyan identik dengan kesuksesan Si Macan Kemayoran.

Karirnya sebagai pemain bermula dari PSIM Yogyakartan U-18. Penampilannya yang memikat membawanya ke Jakarta dan bergabung dengan klub elit internal Persija, PS. Jayakarta di tahun 1970. Permainannya yang apik di PS. Jayakarta membuatnya masuk ke tim Persija.

Sebagai pemain Persija, Sofyan Hadi menyumbangkan banyak gelar juara. Tahun 1973, Sofyan Hadi membawa Persija juara Pekan Olahraga Nasional (PON), Piala Quoch Khan, dan juga Divisi Utama PSSI.

Tak hanya di tahun 1973 saja Sofyan Hadi membawa Macan Kemayoran juara. Tahun 1975 juga ia bawa Persija juara kembar Kompetisi PSSI bersama PSMS Medan.

Karirnya sebagai pemain pun lengkap di tahun 1979, saat dirinya ditunjuk sebagai kapten oleh pelatih Persija saat itu, Marek Janota. Sebagai pemimpin tim di lapangan, Sofyan Hadi menjalankan tugasnya dengan sangat baik, ‘Si Merah-Putih’ Persija ia bawa menjadi juara Indonesia ke-9 kalinya dalam sejarah.

Sebagai pelatih, pria berdarah Betawi Harmoni ini pun juga terbilang sukses. Sofyan Hadi mempersembahkan gelar juara untuk Persija di tahun 2001. Gelar juara yang ditunggu publik selama 22 tahun, kembali ia persembahkan di kota leluhurnya, Jakarta.

Sofyan Hadi adalah salah satu dari banyak legenda Persija. (GER)

Spread the love

Leave a Reply