Tan Liong Houw

Tan Liong Houw lahir di Surabaya 26 Juli 1930. Beliau merupakan pemain yang sangat legendaris bagi Persija Jakarta dan juga Tim Nasional Indonesia.

Tan Liong Houw adalah simbol Cung Hwa di Persija dan Indonesia. Beliau yang berposisi sebagai gelandang kiri adalah pemain andalan Persija Jakarta. Bahkan para pendukung Persija era 50-an menjulukinya dengan sebutan “Macan Betawi” karena permainannya yang berani. Liong Houw turut mengantarkan Persija Jakarta meraih gelar juara ke-5 di tahun 1954..

Sedangkan kiprah Tan Liong Houw di Timnas Indonesia juga membanggakan. Tan Liong Houw bersama para pemain Timnas lainnya yang juga banyak berasal dari Persija, berhasil mencapai babak perempatfinal Olimpiade Melbourne 1956.. Tan Liong Houw mempunyai empat orang anak, dimana dua anak tertuanya Wahyu Tanoto dan Budi Tanoto meneruskan bakat sepakbola yang dimiliki sang ayah. Wahyu Tanoto dan Budi Tanoto pernah membela Persija dan juga Timnas Indonesia di era 80-an.

Setelah Asian Games 1962 di Jakarta, Tan Liong Houw memutuskan pensiun.Tan Liong Houw bermain untuk Indonesia selama duabelas tahun sejak 1950. Ia memperkuat tim nasional dalam empat Asian Games dan banyak kejuaraan regional. Salah satunya menjuarai Merdeka Games 1961 di Malaysia setelah di babak final mengalahkan tuan rumah 2-1.

Spread the love

Leave a Reply